,

Tips Menambal Ban Tubles Sendiri

29 April 2012 Leave a Comment
Tips Menambal Ban Tubles Sendiri. kebocoran ban pada kendaraan merupakan hal yang biasa terjadi. Jika anda salah satu pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan ban sejenis ban tubles, ban ini memang tidak menggunakan ban dalam sehingga masih sedikit tambal ban yang bisa menambal menggunakan ban tubles apalagi anda yang tinggal di pelosok.

Namun jangan khawatir kali ini apabae bakal kasih tips cara menambal ban tubles sendiri dirumah. cukup mudah kok karena sifat dari ban tubles itu sendiri tidak cepat kempes kalo tertusuk paku, tidak seperti ban biasa yang akan langsung kempes. Namun tetap saja ban tubeless yang robek karena terkena paku akan kempes juga.

Ada tips ringan dari automotto.com yang dapat gunakan untuk menambal ban tubeless sendiri. Untuk melakukannya anda hanya membutuhkan waktu 20-30 menit, berikut cara atau langkah-langkahnya :

Alat-alat Yang perlu disediakan:

  • Tang, berguna untuk mencabut paku.
  • Pisau
  • Alat penghalus kebocoran
  • Tusukan besi panjang, cairan panas, karet tambalan sisipan.
  • Pompa Angin

Cara menambal ban tubeless:

  1. Periksa ban tubeless sobat yang mengalami bocor kemudian cari penyebabnya. Apakah bocor karena tertusuk paku atau tertusuk benda lainnya.
  2. Gunakan tang untuk mencabut benda/paku yang tertancap. Berhati-hatilah saat mencabutnya agar kebocoran tidak menjadi semakin lebar.
  3. Gunakan penghalus ban dorong dan tarik beberapa kali supaya lubang bocor menjadi halus dan cukup disisipkan karet tambalan. Setelah selesai, biarkan penghalus menempel di dalam ban.
  4. Lepaskan penghalus secara perlahana dan hati-hati, gunakan cairan panas perekat untuk merekatkan bagian yang bolong. Poles sebanyak 2- 3 kali sampai cairannya merata.
  5. Masukkan karet tambalan sisipan yang sudah diolesi cairan perekat ke dalam lubang dengan menggunakan tusukan besi. Tekan secara kuat kemudian pastikan bahwa karet sisipan yang dipasang tersebut benar dan tidak ada kebocoran lagi.
  6. Lepaskan tusukan besi kemudian biarkan beberapa menit hingga karet sisipan tersebut menempel dengan baik.
  7. Pompa ban motor Sobat dan potong bagian karet sisipan yang lebih menggunakan gunting.
  8. Jika ban tubeless masih saja bocor, bawalah motor Sobat ke bengkel.

Nah, itu tadi tips dan cara singkat menambal ban tubeles yang dapat anda praktekkan. Selamat mencoba!

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!