| 0 comments ]


Berita Informasi Penerimaan PNS Tahun 2012. Pemerintah pada tahun 2012 ini akan merekrut 125.000 pegawai negeri sipil (PNS) untuk menggantikan PNS yang telah memasuki masa pensiun tahun lalu.

"Tahun lalu, 2011, pemerintah benar-benar tidak merekrut PNS, kita moratorium karena saat itu PNS kita sudah berjumlah 4,7 juta orang. Tahun ini 125 ribu orang pensiun, jadi berkurang menjadi 4,57 juta orang," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Abubakar dalam pertemuan dengan 38 bupati dan wali kota dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah di Balikpapan Selasa (15/5) kemarin.

Menurut Menteri Abubakar, penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan disesuaikan dengan kebutuhan dan analisis jabatan. Para analis itu sendiri sedang dididik Kementerian PAN dan BR.

"Dari 4.500 orang kebutuhan kita akan tenaga analis, sudah 3.200 orang yang kita didik. Merekalah yang membuat analisis mengenai kebutuhan jabatan dan merekrut pekerja tetap. Kantor Menpan melayani formasi jabatan berdasarkan analisis peta jabatan tersebut," sambung Menteri Abubakar.

Di sisi lain, saat ini, penerimaan CPNS terutama di daerah, juga berdasar atas penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Menteri Abubakar menyebutkan CPNS hanya boleh diterima daerah yang item belanja pegawainya pada APBD saat itu tidak melebihi 50 persen dari total nilai APBD tersebut.

"Makanya kurangi belanja perjalanan dinas, kurangi rapat kerja di luar," kata Menteri Abubakar.

Pada kesempatan itu juga Menteri Abubakar menargetkan pada tahun 2014 nanti seluruh provinsi mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan penggunaan keuangan yang diperiksa BPK maupun BPKP.

Karena itu juga ia minta Pemprov, termasuk juga pemerintah kabupaten dan pemerintah kota meminta bantuan akuntan untuk membuat laporan keuangan yang sahih.

"Kalau perlu tenaga akuntan dari BPKP. Masa membuat laporan sesuai Undang-Undang saja tidak bisa. Kami targetkan pada 2014 nanti sudah seluruh daerah atau 100 persen predikat laporannya adalah WTP," tegas Menteri Abubakar.

Merujuk pada tahun 2009, dipaparkan Menteri Abubakar, dilaporkan oleh BPK lembaga-lembaga pemerintahan pusat yang mendapat opini WTP sekitar 2,8 persen, dan kemudian tahun 2010 ini telah mencapai 3 persen.

"Tahun 2010 Opini WTP pusat itu 3 persen sementara daerah hanya 2 persen. Tahun 2011 belum keluar angkanya, seharusnya tahun 2011 ini lebih baik lagi dengan angka persentase lebih tinggi.

Untuk Laporan Akuntabilitas Kinerja (Lakib), lembaga-lembaga pemerintahan pusat itu 62 persen atau nilai C ke atas, untuk provinsi 63 persen, untuk daerah-daerah tingkat dua itu baru 12 persen. Nah ini kita kejar daerah supaya Lakibnya bagus," papar Menteri.

Kalimantan Timur menjadi yang terbaik kedua dalam hal laporan akuntabilitas kerja ini. Kaltim mendapat nilai B setelah Jawa Tengah.

Sumber www.berita8.com

Artikel Terkait Lainnya:

Description: Berita Informasi Penerimaan PNS / CPNS Tahun 2012 Rating: 3 Reviewer: apabae - ItemReviewed: Berita Informasi Penerimaan PNS / CPNS Tahun 2012

0 comments

Poskan Komentar

Adventure Aktris/Artis Alat Analisis Penelitian Anak Muda Analisis Wacana Kritis Angket Anti Virus AntiVirus Arti Mimpi Bahan Pakan Ternak Belanja Online Berita bisnis Bisnis / Keuangan BlackBerry Blog Blogger Hack Blogging Brand Switching Browser bruno mars Cara Cara Cepat Hamil Cara Membuat Kue Cara Membuat Twitter Cara Mempercepat Koneksi Internet CD and DVD Tools Cerita Humor Cerita Lucu cerpen Comedy Coming Soon Comment Box Compression and Backup contoh Corat-coret Cuap-Cuap Dasar-Dasar Databases Design Design Graphic Desktop Developer Tools Domain Hosting Download Download Film Download Musik Download Wallpapers Downloader Dragon City Drivers Editors and Convertors Ekonomi Perusahaan Ekonomi Politik Email Emoticons Facebook Fenomena Film Trailer Fisiologi Ternak Forex Foto Lucu Gadget Gambar Lucu Game Games Hacker Hacking Hardware Harga BlackBerry Harga Nokia Harga Notebook Harga Samsung Harga Samsung Galaxy Home Industry Horoskop hot Humor Humor Lucu Ilmu Tanah Image Editors Indonesian Movies Info Mudik Informasi Inspirations Internet iPhone dan iPad Japanese Movie Kamera Kata - Kata Motivasi Kata Bijak Kata Kata Kata Mutiara Kesehatan Khasiat Khasiat Buah Klasifikasi BAhan PAkan kompos Komputer Kue Lain-lain Laktasi Lensa Live USB Lowongan Pekerjaan Lucu MAnajemen Agribisnis Markov Chain maroon 5 Masakan / Kuliner Media Player Media Sync Messaging and Chat mIRC Mobile Movie Movie References Nama Nama Bayi Laki-laki Nama Bayi Perempuan neoliberalisme Nokia Non Ruminansia Office Olahraga Online Storage Otomotif Paket Internet Paket Internet As Pangsa Pasar PC Suite Pemanfaatan Kulit ternakKulit Pembangunan Peternakan Pemuliaan Ternak Penampakan Perkandangan Pernak-Pernik Peternakan Banget Photos and Images Plugins puisi Puisi Chairil Anwar Puisi Galau Read More Recording Referensi Renungan reproduksi ternak Rumah Rumah Minimalis Rumah Tangga Saham Obligasi Samsung Sapi Perah SEO sistem pencernaan site map sms Software Teknologi Template Ternak Ruminansia Tips dan Trik tokoh Top Eleven Football Manager Trik Blogger Trik Windows Tweaks Twitter Ucapan Unik unik bro Utilities Video Virtualization volcano Island walk off the earth Website Widgets wiz Khalifa Wordpress X-Factor Zodiak Zodiak Kamu