Facebook Ijinkan Karyawan Jual Sahamnya

11 Desember 2012 Leave a Comment

Facebook mungkin membolehkan karyawannya untuk melepas lebih dari 1 juta sahamnya seharga 1 miliar dolar sehingga membuat nilai jejaring sosial menjadi 60 miliar dolar AS, demikain laman berita teknologi All Things Digital seperti dikutip AFP, Jumat.

Tingginya minat dari investor-investor besar membuat Facebook mempertimbangkan untuk membebaskan para pekerjanya guna menjual saham mereka pada perusahaan berbasi di California yang dimiliki swasta itu.

Tindakan itu berarti Facebook percaya nilai mereka sudah melompat 20 persen sejak bulan lalu. Saat itu mereka memperoleh 1.5 miliar dolar dari investor dalam penawaran saham publik yang nilainya dipatok kira-kira 50 miliar dolar.

Langkah seperti ini akan membuat Facebook yakin nilai usaha mereka melonjak 20 pesend sejak bulan lalu, sejak perusahaan ini meraup 1,5 miliar dolar AS dari para investor dalam penawaran saham publik yang memaku nilainya pada sekitar 50 miliar dolar AS.

Harga saham yang dilepas para karyawannya ini akan membuat nilai perusahaan Facebook lebih besar ketimbang perusahaan-perusahaan seperti Boeing atau Time Warner.

Namun, pendapatan tahunannya yang terutama diperoleh dari iklan diperkirakan mencapai 2 miliar dolar, atau jauh lebih rendah dibandingkan Boeing yang 64,62 miliar dolar AS dan Time Warner 26,5 miliar dolar AS.

Facebook akan membuat para pekerjanya beruntung karena sukses laman tersebut, sementara perusahaan swasta itu dilaporkan mempertimbangkan untuk melakuan penawaran saham perdana ke publik (IPO).

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, yang disebut memiliki seperempat nilai perusahaan, menolak tekanan untuk segera menggelar IPO.

Pria berusia 26 tahun itu belum lama ini dinobatkan sebagai "Person of the Year" oleh majalah Time. [antaranews.com]

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!