Sudah Lihat Pabrik Mobil Murah Milik Daihatsu?

25 Desember 2012 Leave a Comment
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan membangun pabrik baru dengan menanamkan modal investasi sebesar Rp2,1 triliun atau sekitar 20 miliar yen. Pabrik baru tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi ADM dari 330 ribu unit menjadi 430 ribu unit per tahun.

Presiden Direktur ADM, Sudirman MR, menjelaskan pabrik baru tersebut berada di kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Peningkatan kapasitas ini sejalan dengan perkembangan pasar mobil di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Produksi ADM dalam lima tahun terakhir meningkat sebesar 315 persen. Pada 2006 hanya 95.496 unit dan menjadi 300.373 unit pada 2010," kata Sudirman dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 23 Februari 2011.

Sebelumnya, harian bisnis Nikkei, Rabu, 16 Februari 2011, melaporkan bahwa  Toyota Motor Corp melalui anak usahanya, Daihatsu Motor Company, akan membenamkan investasi pembangunan pabrik senilai 20 miliar yen. Pabrik ini nantinya akan memproduksi mobil murah seharga Rp85-95 juta yang akan dipasarkan di Indonesia dan negara-negara ASEAN.

Menurut Sudirman, pabrik ADM yang saat ini berada di kawasan Sunter, Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi untuk ekspansi, sehingga ADM memutuskan untuk membangun pabrik baru di Karawang Timur.

Pembangunan pabrik baru tersebut, Sudirman melanjutkan, mencakup proses stamping, welding, painting, dan assembly. Pabrik baru itu direncanakan mulai beroperasi pada akhir 2012. "ADM diharapkan akan mampu memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor, baik merek Daihatsu maupun Toyota," katanya.

Pabrik tersebut akan berdiri di atas tanah 80 hektare dengan kapasitas produksi sebanyak 100 ribu unit per tahun. ADM memperkirakan dengan pembangunan pabrik baru ini mampu menyerap 1.400 tenaga kerja.

Penjualan mobil Daihatsu pada 2010 merupakan yang terbesar kedua di Indonesia. Daihatsu berhasil mencetak penjualan sebesar 115.700 unit mobil dengan market share sebesar 15,5 persen. [vivanews.com]

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!