,

BAHAN PAKAN TERNAK DARI BIJI—BIJIAN

26 April 2013 Leave a Comment
BAHAN PAKAN TERNAK DARI BIJI—BIJIAN
a.    Jagung
Ada tiga jenis jagung yang ada yaitu putih, merah, dan kuning. Namun yang paling sering digunakan adalah jagung kuning yaitu karena kandungan nutrisi jagung kuning dinilai lebih baik dan mengandung karotein. Melihat kandungan energi metabolisme yang tinngi yaitu3.360 kkal/kg, jagung sering dimanfaatkan sebagai bahan baku sumber energi. (Ichwan, 2003)


 
b.    Kacang kedelei
Kandungan nutrisi kacang kedelei protein 37%, lemak 17,9%, serat kasar 5,7%, dan energi metabolisme 3510 kkal/kg. Kendala pemanfaatan yaitu terdapat kandungan racun alami yang terdapat di dalamnya. Racun alami tersebut berupa zat anti tripsin dalam menyintesis protein, sehingga dapat menghambat pertumbuhan ayam. (Ichwan, 2003)
 
c.    Sorgum
    Kandungan nutrisi dalam sorgum adalah kadar air rata-rata 14%, protein 11,2%, serta energi metabolisme 3.040 kkal/kg. Sorgum digunakan bersama jagung sebagai sumber energi, protein, dan penunjang asam amino esensial komposisi pakan ternak unggas. Sorgum kurang disukai oleh ternak unggas sebab mengandung zat tanin yang menimbulkan rasa pahit. (Murtidjo, 1987)
 
d.    Kacang hijau
Penggunaan bhan pakan ini sngat terbatas karena harganya yang relatif kurang ekonomis sehingga penggunaannya sangat dibatasi. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya adalah kacang hiajau kaya akan vitamin B1 atau tiamin, mineral fosfor, proteinnya 24,2% dengan serat kasar 5,5%.( Murtidjo, 1987)
 
e.Kacang tanah
        Bahan pakan ini kaya akan lemak kasar, pengganti bahan pakan ini adalah kedelei yang sama-sama memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi dari kacang tanah adalah protein kasar 40,2% dan energi metabolismenya yaitu 2.200 kkal/kg.


Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!