,

Software Ponsel Symbian Kini Tersedia Gratis

22 Februari 2010 Leave a Comment
Symbian akan menggratiskan perangkat lunaknya yang memberikan tenaga pada hampir semua ponsel pintar di dunia. Versi open-source akan segera menjadi barang publik.

Perusahaan mulai menyiapkan langkah tersebut setelah Nokia Corp, produsen ponsel Symbian terbesar di dunia, membeli konsorsium yang membuat perangkat lunak itu.

Nokia memutuskan untuk memberikan perangkat lunak tersebut secara luas untuk membuatnya lebih populer di mata produsen, sebuah langkah yang tidak biasa dalam dunia teknologi.

Lee Williams, Direktur Eksekutif perusahaan yang berbasis di London tersebut mengatakan bahwa saat ini mereka telah melengkapi konversi terbesar kepemilikan perangkat lunak tersebut menjadi open source.

Artinya kode sumber atau cetak biru perangkat lunak tersebut akan tersedia bagi setiap orang. Meskipun demikian perangkat lunak yang masih berasosiasi dengan beberapa fitur ponsel akan tetap diluncurkan tahun 2010 ini.

Perangkat lunak Symbian digunakan oleh lebih dari 330 juta ponsel di seluruh penjuru dunia. Symbian akan menghadapi kompetisi baru yang dinamis dalam arena ponsel pintar dari Apple iPhone dan sistem Android Google. Android juga tersedia gratis bagi setiap orang untuk menggunakan.

Analis mengatakan bahwa Symbian yang telah melalui proses 10 tahun pengembangan mulai terlihat ketinggalan zaman kurang cocok digunakan untuk beberapa fitur terbaru seperti layar sentuh.

Ponsel Symbian tidak pernah mengalami penjual besar di Amerika Serikat. Versi open-source perangkat lunak terbaru tersebut disebut sebagai Symbian 3 dan akan menggantikan seri 60.

sumber : www.inilah.com


Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!