Foto Tomket dan Cara Membasmi Serangga Tersebut

24 Maret 2012 Leave a Comment



Foto serangga Tomket dan Cara Mengatasi Serangga Tomket Tersebut. Binatang Sebesar lidi 1 cm - Tomcat atau Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras. Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan musuh.Yang Menyebabkan Reaksi Kulit.

Warga Tasikmalaya tepatnya di daerah Parungponteng Desa Cibungur Kab. Tasikmalaya digegerkan dengan penemuan 2 ekor tomcat berada di pagar depan halaman rumah Bapak Firman (27). "Tadi saya menemukan dua ekor tomket tadi pagi di depan rumah saya dan segera saya bakar.." ujar Firman.

Kehawatiran ini akan terus meningkat serupa dengan populasi binatang tomket yang semakin banyak. "Dulu saya pernah terkena tomket dan badan saya langung memerang panas, ketika itu saya lagi lewat di 'galengan' sawah" ujarnya.

Kumbang ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Toksin ini dikenali sebagai ‘aederin’: (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra!!

Cara Membasmi Serangga Tomcat

Komposisi bahan yang perlu disediakan adalah campuran 1 kilogram daun mimba, 1 kilogram lengkuas, dan 1 kilogram serai. Bahan-bahan itu kemudian digiling dan dimasukkan ke dalam 5 liter air, setelah itu dibiarkan selama dua hari. Cairan itu bisa digunakan untuk menyemprot tomcat. "Pestisida ini berasal dari bahan organik dan tidak akan merusak habitat lain" katanya.

Hingga hari ini, kata Samsul, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan penyemprotan di 17 lokasi. Timnya akan terus melakukan penyemprotan ke lokasi lain berdasarkan laporan masyarakat.

Sejak empat hari lalu, warga di beberapa kawasan Kota Surabaya dicemaskan oleh serangan tomcat, serangga yang mengeluarkan cairan beracun yang dapat merusak kulit.

0 komentar »

Leave your response!