| 0 comments ]


Menjaga Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Berstamina. Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga. Dengan tubuh yang sehat kita akan dapat menjalankan segala aktivitas kita dengan baik dan lancar. Untuk itu kita perlu menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Berbeda dengan orang yang sakit, selain tidak bisa melakukan aktivitas, juga perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Dan terkadang biaya untuk pengobatan yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Alangkah lebih baik jika kita dapat mencegah agar tidak menjadi sakit.

Lalu bagaimana agar kita tetap bisa hidup sehat ? Karena disadari atau tidak, terkadang kita justru melakukan sesuatu yang dapat memicu timbulnya penyakit. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar tubuh tetap sehat :

1. Konsumsi Makanan yang Cukup dan Bergizi
Untuk melakukan aktivitas sehari-hari tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Konsumsilah makanan yang bergizi. Makanan bergizi tidak harus makanan yang mahal. Yang penting cukup mengandung protein, kalori, kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan. Semua itu terkandung dalam makanan seperti

sayuran, buah-buahan, daging, susu dan lainnya. Dengan nutrisi yang cukup maka sistem imun di tubuh kita akan menjadi kuat, sehingga dapat menahan serangan-serangan penyakit dari luar. Bila perlu konsumsi suplemen/vitamin untuk menjaga kesehatan agar badan tetap fit. Konsumsi juga air putih yang cukup. Air putih sangat bermanfaat untuk tubuh kita, selain mencegah dehidrasi, air putih juga dapat membantu menghilangkan racun dan bakteri lainnya dalam tubuh dan dibuang melalui saluran pembuangan.

2. Hindari Pola Makan yang Tidak Sehat
Pola makan yang tidak sehat meliputi makan makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan semua yang bercampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya. Bahan-bahan kimia dalam makanan secara tidak langsung akan menimbulkan beberapa penyakit seperti kanker. Biasakan mengkonsumsi makanan yang alami yang tidak tercampur dengan bahan kimia. Jika ingin terasa enak dapat ditambahkan dengan bumbu-bumbu yang alami.

Pola makan yang tidak sehat juga meliputi kebiasaan makan yang berlebihan, sehingga lemak, kalori akan menumpuk dalam tubuh kita. Hal ini akan menyebabkan penyakit diabetes, kolesterol, asam urat dan penyakit lainnya. Biasakan juga makan secara teratur. Kebiasaan makan yang tidak teratur juga memicu timbulnya penyakit seperti maag.

3. Hindari Pola Hidup yang Tidak Sehat
Pola/gaya hidup yang tidak sehat ini seperti kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, pergaulan bebas dan lainnya. Pergaulan bebas akan menimbulkan penyakit AIDS, kanker serviks dan lainnya. Sedangkan merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner ataupun kanker. Merokok itu sendiri tidak hanya merugikan perokoknya bahkan juga membahayakan orang yang berada di sekitarnya. Karena orang yang menghisap asap rokok juga bisa terkena resiko untuk terkena penyakit kanker. Banyak orang yang tidak bisa meninggalkan rokok karena memang penyakit yang diakibatkan oleh rokok tidak dirasakan seketika dan memang mereka merasa nikmat dengan rokok tersebut. Proses terjadinya penyakit yang disebakan oleh rokok itu memang lama bahkan bisa bertahun-tahun. Mereka akan sadar ketika penyakit-penyakit tersebut sudah menghampirinya. Dan jika sudah demikian maka penyesalanlah yang dirasakan. Ingatlah bahwa kenikmatan merokok itu hanya sementara, tidak pernah ada yang diuntungkan dengan rokok.

Selain hal tersebut kita juga harus memperhatikan hal-hal yang terkadang sepele seperti kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, mencuci buah-buahan yang akan dimakan dan lainnya. Mulailah untuk hidup yang sehat bahkan dari hal-hal yang kecil.

4. Beristirahat yang Cukup
Capek merupakan signal (tanda dari tubuh) agar kita beristirahat untuk tidak melanjutkan aktivitas kita. Jika dipaksa untuk tetap beraktivitas maka akan menyebabkan timbulnya penyakit, seperti stress, Dengan beristirahat yang cukup maka dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah di tubuh kita. Otak menjadi segar dan organ-organ tubuh juga menjadi rileks kembali. Tubuh pun siap untuk beraktivitas kembali.

5. Berolahraga Secara Teratur
Dengan berolahraga maka peredaran darah akan menjadi lancar otak pun menjadi rileks. Jika tubuh jarang digerakkan maka tulang, otot, sendi akan menjadi kaku. Tentu saja dengan keadaan seperti ini kita juga tidak nyaman untuk melakukan aktivitas.

Olahraga juga dapat membantu membakar lemak atau kalori yang berada di tubuh kita, sehingga tidak menumpuk di tubuh kita.

6. Cek Kesehatan
Sekali-sekali cek kesehatan memang diperlukan. Karena beberapa penyakit memang gejala awalnya sering tidak dirasakan. Seperti diabetes, kolesterol, asam urat, darah tinggi dan lainnya. Dengan adanya cek kesehatan kida akan mengetahui tekanan darah, kadar darah, kadar kolesterol atau kadar asam urat dalam tubuh kita. Jika memang ada peningkatan maka kita dapat mencegahnya sejak dini, sehingga penyakit tidak berlanjut.

Artikel Terkait Lainnya:

Description: Menjaga Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Berstamina Rating: 3 Reviewer: apabae - ItemReviewed: Menjaga Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Berstamina

0 comments

Poskan Komentar