| 0 comments ]


Merk:Toyota Kijang Innova Diesel
Tipe: G
Tahun Pembuatan : 2004
Spesifikasi
4 IL, 16 Katup, DOHC, D-4D commonrail
2494 cc, 102HP
Solar/Diesel, M/T
Kapasitas tangki: 55 Liter
Seat Belt Warning - Driver Only
Wheel Base: +/- 2700
Harga baru: 243juta
Harga Second pada saat penulisan: +/- 175juta



Ulasan:
Toyota Kijang Innova merupakan generasi kelima toyota kijang. Toyota kijang Innova yang diperuntukkan untuk kelas menengah ke atas, berbeda dengan kemunculan toyota kijang pada awalnya yang lebih diperuntukkan untuk kelas bawah. Bentuk fisiknya yang jauh lebih futuristik dari generasi-generasi kijang pendahulunya, terutama bagian hidungnya yang tidak menampilkan lekukan yang tajam layaknya generasi-generasi toyota kijang sebelumnya yang cenderung kaku.

Dari segi suspensi Toyota Kijang Innova menggunakan Suspensi Independent Double Wishbone dengan per keong pada bagian depan (Coil Spring) dan 4-link Lateral Rod Rigid Axle pada bagian belakangnnya, mampu meredam guncangan lebih nyaman. Chassis yang masih dilapisi 'kulit' Ladder Bar, namun beban suspensi didistribusikan dengan baik keseluruh bagian mobil sehingga menghasilkan Body roll dan tingkat Pitching yang minim.

Dilengkapi dengan teknologi D4D Commonrail Type yang memungkinkan konsumsi bahan bakar yang irit juga menimbulkan suara mesin yang tergolong halus jika dibandingkan mesin diesel konvensional.

MPV berkapasitas 7-8 penumpang ini cukup nyaman dan aman, sangat pas bagi keluarga Indonesia. Kabin yang cukup lega menjawab kebutuhan keluarga Indonesia yang ingin bepergian jauh. Interior yang cukup mewah dengan jok dilapisi kulit sintetis, dan beberapa panel kontrol yang sangat mudah untuk digunakan.

Bertemu dengan jalanan yang kurang bagus bukan masalah bagi Kijang Innova karena MPV yang satu ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, sehingga memungkinkan anda berkendara dengan nyaman dan aman pada jalan-jalan yang kurang bagus.

Positif:
- Lebih irit bbm dibandingkan dengan versi gasoline/bensin
- Lekuk yang Aerodinamis
- Minim Body roll
- Panel Instrumen yang user friendly
- Blind Spot yang minim
- Ground Clearence yang tinggi

Negatif
- kurang lincah
- Jarak ke hidung tidak terlihat oleh pengemudi
- Radius putar yang tidak jauh
- Suspensi lumayan keras, tapi tetap nyaman
- Perpindahan Tuas Transmisi Manual yang kurang lembut

Ringkasan

MPV yang bermesin diesel ini tergolong halus pada suara mesin dieselnya dibandingkan MPV yang menggunakan mesin diesel konvensional, getaran mesin pun minim, itu berkat sokongan mesin diesel berteknologi D4D Commonrail, dan anda pun tidak perlu khawatir akan emisi gas buang Innova Diesel ini, karena telah dilengkapi CC(Catalytic Converter) yang telah ulus emisi standar Euro-2.


Dari segi mesin tertanam teknologi seperti DOHC (Double Over Head Camshaft) dan D-4D commonrail menciptakan tingkat efisiensi yang cukup baik. Konsumsi BBM yang tergolong irit untuk tenaga yang cukup besar(+/-102 bhp).

Kapasitas Innova yang bisa menampung sampai 7-8 penumpang, sangat cocok untuk menampung keluarga tercinta anda. Sangat nyaman dikendarai luar kota maupun dalam kota.

Perihal suspensi Toyota Kijang Innova tergolong bagus, namun terasa sedikit keras. Daya tampungnya yang memuat 7-8 penumpang akan tetap nyaman berkat dukungan suspensi Independent Double Wishbone dengan Coil Spring dan Stabilizer (depan) serta 4 Link dengan Coil Spring dan Lateral Rod (belakang), walau terasa sedikit keras, tapi tetap memberikan kesan mengemudi yang terasa nyaman bersama keluarga tercinta.

Sangat nyaman berkendara dengan MPV bermesin diesel yang satu ini, pilihan yang tepat untuk keluarga Indonesia. MPV yang mengedepankan kenyamanan.

Subyektif
Sangat nyaman berkendara dengan Innova Diesel bersama keluarga suara mesin yang tergolong halus jika dibandingkan dengan mesin diesel konvensional menjadi kelebihan tersendiri. Innova diesel tergolong irit dalam konsumsi BBMnya, konsumsi BBM +/- dalam kota 1:11-12, luar kota bisa mencapai 1:13-14.

Dilengkapi AC double blower, tepat menemani perjalanan di saat cuaca sangat panas dan saat menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Jalanan Indonesia yang 'CUKUP BAIK'(dengan nada sarkasme) bukan masalah bagi Innova karena memiliki Ground Clearance yang cukup tinggi dengan dukungan suspensi cukup apik namun sekali lagi sedikit terasa keras, tapi tetap terasa nyaman dan aman, tidak perlu khawatir berkendara di jalan Indonesia yang penuh hambatan(baca: polisi tidur) serta jalan-jalan rusak.

Sebuah jawaban bagi yang mempunyai keluarga Indonesia yang mendepankan kenyamanan dengan anggota keluarga yang cukup banyak dengan sokongan rejeki yang berlimpah(up-middle class). Konsumsi BBM yang irit serta telah lulus Uji Emisi Euro-2 menjadikan Innova Diesel ini jawaban yang tepat bagi keluarga Indonesia. Nice MPV

Artikel Terkait Lainnya:

Description: Toyota Kijang Innova Diesel Spesifikasi, Ulasan dll Rating: 3 Reviewer: apabae - ItemReviewed: Toyota Kijang Innova Diesel Spesifikasi, Ulasan dll

0 comments

Poskan Komentar