Bungker Misterius di Rumah Sakit Dr Kariadi Semarang

26 Juni 2012 Leave a Comment
Sebuah bungker misterius yang diduga peninggalan jaman kolonial Belanda ditemukan di kawasan proyek Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) RS Kariadi Semarang. Bungker tersebut ditemukan oleh pekerja proyek saat menggali tanah menggunakan alat berat tiga hari lalu, Sabtu (23/6/2012).

Karyawan kontraktor bagian keselamatan kerja, Mujiyono mengatakan, pihaknya menemukan pintu saat menggali bagian bawah bukit yang tadinya terdapat tempat pembuangan sampah di dekatnya.

"Untuk membuat IPAL, kami menggali dari atas ke bawah. Lalu ketika sampai di bawah kami menemukan tempat tersebut," kata Mujiyono di RS Kariadi, Jalan Dr. Sutomo, Semarang, Selasa (26/6/2012).

"Kami menggali tanah di sekitar goa secara manual sejak Sabtu lalu," imbuhnya.

Setelah diukur, bungker tersebut memiliki ketebalan 42 cm, lebar 2 meter, dan kedalaman 5,2 meter. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 2 meter. Belum diketahui apakah masih ada akses ke ruang bawah tanah atau tidak karena masih terdapat timbunan tanah setebal 70 cm.

"Nanti timbunan tanah tersebut akan kami gali secara manual untuk mengetahui apa yang ada di dalam goa. Tadinya juga ada pintu besi tua yang sudah karatan setinggi 110 cm," pungkasnya.

Mujiyono juga menjelaskan, dari material batu bata yang terlihat pada bungker, diduga sudah ada sejak jaman Belanda. Selain itu terdapat instalasi listrik model kuno di dalam yang terhubung dengan tempat lampu yang berada di atas dinding.

"Dilihat dari batu batanya yang tebal, seperti yang ada pada bangunan Lawang Sewu dan Stasiun Tawang," tutur Mujiyono sembari mengukur ketebalan batu bata dengan tangan.

Sementara itu Humas RS Kariadi, Darwito mengatakan untuk bangunan RS sendiri sudah berdiri sejak jaman kolonial Belanda tahun 1925, namun di dalam denah RS tidak ada bungker dan hanya berupa bukit.

"Bangunan RS sudah ada sejak jaman kolonial tahun 1925. Di denah RS hanya terdapat bukit di sana," ujar Darwito.

Sumber Detik.com

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!