Inilah Makanan Yang Mengandung Lemak Baik Bagi Tubuh Kita

27 Juni 2012 Leave a Comment
Jangan buru-buru tak mau mengonsumsi jenis makanan mengandung lemak karena takut gemuk. Padahal lemak tertentu bisa memberikan efek positif bagi kesehatan.

Fokuskan makan pada makanan yang mengandung lemak baik, yaitu monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal) atau dikenal sebagai asam lemak omega 9.

Menurut American Heart Association, asam lemak omega 9 membantu meningkatkan kesehatan jantung karena mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, omega 9 juga kaya akan vitamin E yang mendukung sistem sirkulasi yang sehat.

Karena manfaat kesehatan yang mereka berikan, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung lemak tak jenuh tunggal ini.

Alpukat
Buah berwarna hijau ini dikemas dengan lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Meskipun alpukat tinggi kalori, masih masuk akal untuk mengonsumsinya.

Satu buah alpukat memiliki 30 gram lemak tidak jenuh dan 16 gram lemak tak jenuh tunggal. Berarti, Anda hanya perlu seperempat buah untuk mendapatkan asupan likopen, beta karoten dan penyerapan antioksidan lainnya secara optimal.

Minyak zaitun
Buah zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Tambahkan zaitun ke dalam makanan dan salad Anda atau masak makanan dengan minyak zaitun bisa membantu kesehatan jantung.

Sekitar 80 persen kandungan dari minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal, terutama asam lemak omega 9 atau dikenal sebagai asam oleat. Hanya sepertiga sendok teh memiliki 3,3 gram lemak tak jenuh tunggal dan polifenol dan vitamin E.

Kacang-kacangan
Jangan pernah sepelekan kacang. Meskipun sering dituduh sebagai penyebab munculnya jerawat, kacang ternyata menyediakan jumlah tinggi akan lemak tak jenuh tunggal.

Almond dan kenari dianjurkan para ahli untuk masuk ke dalam makanan yang membantu kesehatan jantung. Jadikan kacang ini sebagai cemilan di siang atau sore hari. Dalam porsi 200 kalori, hazelnut dan filbert memberikan 15 gram lemak tak jenuh tunggal. Sementara kacang pecan, mete dan almond memberikan 11 gram lemak tak jenuh tunggal dalam satu porsi 200 kalori.

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!