Refreshing, Polisi Belajar Menabuh Gamelan

02 Oktober 2012 Leave a Comment
Suara pukulan gong disertai bonang, demung maupun kempul yang saling bersahutan terdengar menggema dari dalam pendopo. Meski iramanya tak begitu selaras, bunyi gamelan tersebut cukup menarik perhatian dari sejumlah orang yang melintasi kompleks Mapolres Salatiga.


Beberapa wartawan, mencari tahu sumber suara musik itu. Rasa penasaran akhirnya terjawab setelah melihat 20 perwira polisi sedang memainkan alat musik tradisional jawa di Pendopo Mapolres.

Para perwira tersebut sengaja berkumpul untuk berlatih memainkan gamelan sekaligus melepas lelah usai seharian menunaikan tugas. Didampingi Jarwadi (pelatih gamelan di Salatiga), mereka beberapa kali mengikuti not jawa di selembar kertas manila yang dipajang tepat di depan mereka.

Kapolres Salatiga, AKBP Asep Jenal Ahmadi yang turut berada diruangan mengatakan, pihaknya sengaja mengagendakan latihan gamelan setiap malam. Selain untuk refreshing, kegiatan tersebut diharapkan nguri - nguri budaya jawa.

"Kami berpendapat kepolisian pun bertanggung jawab melestarikan budaya. Dengan berbagai kegiatan budaya maupun seni, polisi dapat berinteraksi dengan masyarakat," jelasnya, Senin (30/4) malam.

Menurut Asep, tugas polisi tidak sekedar menegakkan fungsi yang telah diatur di dalam undang - undang. Lebih dari itu, korps Bhayangkara pun diharapkan berperan serta melestarikan budaya dan kearifan lokal. "Tujuannya agar terjalin komunikasi yang baik antara polisi dan masyarakat sehingga keamanan dan ketertiban dapat tercapai," katanya.

Sementara, Jarwadi mengaku terkesan dengan terobosan yang dilakukan oleh Polres Salatiga. Karena itu, saat diminta melatih para perwira bermain gamelan, dirinya langsung menerima.

"Saya kagum dengan mereka. Polisi ternyata berkeinginan melestarikan budaya Jawa yang saat ini mulai luntur di masyarakat," jelas Kepala S3ks1 Kebudayaan Dinas Perhubungan, Komunikasi Budaya, dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Salatiga tersebut.

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!