Awas! Ledakan Titik Matahari Ganggu Komunikasi China

18 Desember 2012 Leave a Comment

Ledakan terbesar di titik Matahari dalam kurun empat tahun terakhir telah mengganggu sistem komunikasi radio di China Selatan. Ini terkait klimaks badai Matahari.

Pernyataan tersebut diungkapkan Badan Meteorologi China. Ledakan besar di permukaan matahari disebabkan oleh aktivitas magnetik sehingga menganggu transmisi gelombang radio di selatan Cina.

NASA AS mengkonfirmasi bahwa ledakan itu berkekuatan paling besar dalam kurun empat tahun terakhir sehingga memicu aktivitas magnetis tinggi di belahan utara Matahari.

“Ledakan paling kuat dari semua aktivitas matahari dapat memicu pemadaman radio dan jaringan listrik,” ujar pihak NASA. Gelombang Matahari diklasifikasi sebagai A, B, C, M dan X di mana masing-masing berkekuatan sepuluh kali lebih besar dari titik sebelumnya.

Solar Dynamics Observatory NASA melihat ledakan besar-besaran ini mempengaruhi Bumi dalam jarak 560 mil per detik. Badai magnetik disebabkan letusan surya pada 1873 menyebabkan enam juta orang berada di kegelapan pada kawasan provinsi Quebec, Kanada. [inilah.com]

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!