Wereng Cokelat Serang Ribuan Ha Sawah Padi di Klaten

01 Januari 2013 Leave a Comment
1.177 hektare (ha) lahan padi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, diserang wereng batang cokelat. Dari jumlah tersebut 60 ha puso.

Kepala Dinas Pertanian Klaten Sri Mulyaningsih, Selasa (1/3) membenarkan ledakan hama wereng ini telah menyebabkan para petani gagal panen. Serangan wereng cokelat kini menyebar di 21 dari 26 kecamatan.

Menurutnya, kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Polanharjo yang mencapai 254 ha dan Kecamatan Cawas, 120 ha. Kemudian di Kecamatan Ceper dan Karanganom, dengan luas serangan masing-masing 117 ha, Kecamatan Wonosari 110 ha, dan Kecamatan Delanggu 99 ha.

Untuk pengendalian wereng, menurut Sri Mulyaningsih, perlu dilakukan secara serentak di daerah segitiga rawan hama yaitu Klaten, Sukoharjo, dan Boyolali. "Agar efektif pengendalian harus serentak di tiga kabupaten yang rawan hama ini. Masalahnya, hama wereng itu suka bermigrasi lewat media apapun," jelasnya.

Dinas Pertanian Klaten kini mulai menyosialisasikan pestisida organik yang ramah lingkungan. "Agen hayati beuveria ini efektif untuk memberantas wereng cokelat," jelasnya.

Seorang petani di Desa Cawas, Suyono mengaku hasil panen raya sekarang ini jeblok akibat serangan hama wereng. "Hasil ini tidak cukup untuk biaya mengolah sawah lagi," keluhnya. [mediaindonesia.com]

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!