Metode seleksi tandem dalam pemuliaan ternak

02 April 2013 Leave a Comment

Artikel ini berjudul Metode seleksi tandem dalam pemuliaan ternak. Artikel ini adalah artikel lajutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Seleksi dan Metodenya dalam pemuliaan. jadi kalo belum baca direkomendasikan untuk membacanya.
Seleksi tandem adalah seleksi dikerjakan terhadap satu sifat yang paling penting, baru seleksi sifat lainnya cara ini paling umum dipergunakan dalam praktek.

Tahapan seleksi tandem
  1. Seleksi pertama dilakukan untuk sifat yang paling penting
  2. Setelah tujuan untuk sifat pertama telah dicapai, upaya seleksi ditargetkan sifat yang paling penting berikutnya, dan dilakukan untuk jumlah generasi tertentu.

Contoh :

Dalam usaha perbaikan mutu genetic, sering terlihat antara lain misalnya; seorang peternak domba atau biri-biri mengarahkan tujuannya untuk memperbaiki tingkat kesuburan, tetapi jika suatu saat diperhitungkan harga bulu cenderung akan naik, ia akan memusatkan tujuannya untuk memperbaiki perhatiannya dalam perbaikan produksi bulu domba tersebut. Berdasarkan hal di atas terlihat bahwa tujuan atausasaran dari seleksi tergantung dari nilai dan situasi ekonomi yang diperhitungkan untuk waktu- waktu mendatang.

Tandem seleksi mempunyai kelebihan yaitu tidak ada ternak yang berat lahirnya rendah dan mudah dilakukan sedangkan kekurangannya yaitu genotipe dengan sifat lain yang baik dapat terbuang kalau saat seleksi sifat sebelumnya performanya tidak baik dan tenaga serta biayanya besar .



Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!