,

Tips Cara Mengecat Body Mobil / Motor Yang Baik dan Benar

13 Januari 2012 Leave a Comment

Tips Cara Mengecat body Mobil atau Motor Yang Baik dan Benar. Anda bosan dengan warna cat pada mobil atau motor anda, atau ada bagian dari mobil atau motor anda yang tergores sehingga mengakibatkan body mobil atau motor anda lecet, biasanya langsung saja dibawa ke bengkel-bengkel cat mobil atau motor aja langsung beres, memang biaya untuk pengecatan memang sedikit mahal apalagi kalo hasilnya memuaskan pasti juga anda akan merogoh kocek lebih banyak lagi, ya memang "Rega Nggawa Rupa" kalo orang jawa bilang.

Namun juga anda ingin mengerjakannya sendiri juga tidak masalah, karena anda anggap itu hanya goresan kecil sehingga anda juga bisa menyiasatinya sendiri. tapi jangan asal-asalan dalam pengerjaanya apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, untuk itu lebih baik anda baca dulu tips atau cara mengecat body mobil atau motor yang baik dibawah ini.

Cara mengecat mobil/motor yang baik yaitu:
  1. ampelas terlebih dahulu bagian yang akan dicat dengan ampelas(krtas gosok) ukuran 800 yang warerproof, kemudian dihaluskan dengan ampelas ukuran/no. 1000.
  2. setelah permukaan telah digosok dengan ampelas cuci bagian yang akan dicat dengan air bersih, dikeringkan dengan kain, dan dipanaskan dibawah terik matahari sampai benar2 kering.
  3. cat permukaan yang dikehendaki dengan Epoxy setlah kelar jemur bagian yang tercat tadi kemudian gosok lagi dengan ampelas dengan ampelas ukuran 1200, dan jangan sampai habis cukup sampai rata permukaannya.
  4. setelah diampelas cuci bagian tersebut dengan air bersih dan jemur hingga kering dan dibersihkan dengan kain yang lembut seperti kain kaos.
  5. kemudian masuk pada tahap pengecatan dengan menggunakan cat dasar yang diinginkan bisa putih atau abu2, saya biasa menggunakaan merk Avian atau steelgloss dan dicat ditempat yang terbuka agar terkena matahari langsung dan hindari media debu, setelah dicat jemur bagian tsb hingga benar2 kering, dan ampelas lagi untuk mendapatkan hasil yg maksimal, namun dgn ampelas no.>1200 dan perlu diingat proses pengampelasan cukup tipis2.
  6. masuk dalam proses pewarnaan pilih warna sesuai yamg diinginkan dan campuran untuk cat lebih diencerkan biasa sy memakai ukuran 1liter cat banding 4liter Thiner Super A, dan dalam proses pengecatan cukup 1kali menarik spoit cat jangan diulang2 agar kelihatan rata.kemudian jemur hingga bener2 kering.
  7. apabila dalam pengecatan untuk warna-warna bukan dop seperti warna metalik hasil pengecatannya sedikit tidak rata atau seperti meluber bagian yang tidak rata catnya diampelas lagi setelah kering dengan ampelas ukuran 1000 rata lagi catnya kemudian di cat lagi.
  8. setelah kering barulah kita memasuki proses pernis agar hasil bgus pilih pernisnya dengan merk2 yang bagus seperti Avian S4000 Atau Blinken dan hasilnya kendaraan kita seperti dikasih minyak mengkilap walau tak dicuci.
“Selamat Mencoba”

4 komentar »

  • sandi said:  

    Bos mantap content blognya.....

  • Sablon Kaos Murah said:  

    Lengkap banget ulasannya, saya mau restorasi C70 saya cari-cari referensi cat body..ketemu disini..makasi infonya

  • wardy said:  

    mantab tu ,,,saya boleh tanya gx

  • Johan said:  

    @mas wardi tanya apa mas? praktek aja langsung.. he,,

  • Leave your response!