Perawatan Rambut Buat Kaum Pria

03 April 2013 Leave a Comment


SIAPA bilang hanya kaum venus yang harus menjaga penampilan? Seiring perkembangan zaman, kaum mars pun dituntut untuk memperhatikan penampilan, tidak terkecuali rambutnya.

Bagi wanita, rambut boleh jadi mahkota yang dibanggakan. Meski tidak sama, kalangan pria pun telah banyak merawat diri untuk lebih memperhatikan kesehatan dan tampilan rambutnya. Terlebih lagi sudah banyak produk perawatan rambut yang ditujukan khusus bagi lelaki. Dengan begitu, lelaki semakin bebas berkreasi dengan rambutnya sekaligus memperhatikan kesehatan rambut.

Rambut memang menjadi salah satu hal yang dapat memengaruhi penampilan keseluruhan seseorang, baik pria maupun wanita. ”Makanya pria pun harus menjaga penampilan rambutnya agar dapat tampil prima,” ujar stylistGusnaldi.

Tren rambut yang berkembang sekarang pun bukan hanya diperuntukkan bagi wanita. Tren rambut juga sudah banyak yang memanjakan kalangan pria. Karena itu, mereka memiliki lebih banyak pilihan untuk bergaya, tentunya dengan dukungan produk untuk rambut yang tepat.

Sebelum bergaya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih sampo yang tepat. Sampo mahal bukan jaminan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Untuk itu,  sesuaikan sampo dengan jenis rambut Anda. ”Rambut kering sebaiknya menggunakan sampo dengan moisturizer atau pelembap,” tutur maestro penata rambut Indonesia Rudy Hadisuwarno.



Sementara, untuk rambut berminyak atau tipis, penggunaan sampo dengan pelembap ini justru tidak disarankan. Sebab, akan membuat rambut terlihat lebih berminyak dan tidak mudah diatur. Maka itu, yang terpenting adalah membeli sampo sesuai dengan jenis rambut. Terlebih lagi kini produk sampo sesuai jenis rambut sudah banyak tersedia di pasaran.

Saat keramas pun perlu mendapat perhatian. ”Lakukan keramas dengan cara memijat-mijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari secara lembut,” kata Jevri Prada, penata rambut. Pada umumnya, pria biasanya hanya melakukan keramas secara cepat-cepat dengan menggunakan telapak tangan. Membersihkannya pun juga tidak maksimal, hanya dengan beberapa kali siram dan secara terburu-buru.



Padahal, teknik memijat kulit kepala ini, menurut Jevri, dapat merangsang folikel pada rambut sekaligus membantu kesuburan pertumbuhan rambut. Setelah keramas, rawatlah rambut dengan rutin menggunakan tonik rambut. Kandungan zat dalam tonik rambut ini juga membantu penyuburan rambut.

Bukan hanya cara memilih sampo, keramas, ataupun memberi tonik rambut, pria juga perlu memberi perhatian ekstra pada cara menyisir rambut, yakni pemilihan gerigi sisir. Jika Anda memiliki rambut keriting, ada baiknya menggunakan sisir dengan gerigi besar.  Adapun untuk yang berambut lurus,  gunakanlah sisir bergerigi kecil.

Juga pastikan bahwa sisir yang digunakan adalah sisir dengan bahan plastik atau metal. Bagi pria yang memerlukan hair dryer, gunakan pengering rambut yang memiliki daya lebih dari 1.000 watt agar rambut cepat mengering.

Bagi Anda yang menggunakan produk rambut seperti gell, wax, ataupun cat rambut, pastikan untuk memilih produk yang aman. Perhatikan apakah produk tersebut telah memiliki izin dari Badan POM. Di samping perawatan dari luar, perhatikan pula perawatan dari dalam tubuh. Asupan makanan yang sehat dan seimbang turut memengaruhi kesehatan rambut. Tahukah Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berminyak atau junk food dapat membuat kulit kepala terlalu berminyak, bahkan dapat membuat rambut rontok. Sebaiknya Anda menyeimbangkan makanan dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Untuk merawat rambut sekaligus membuatnya menjadi tetap sehat, sebenarnya hanya diperlukan perawatan yang sederhana dan tidak rumit. Cukup meluangkan waktu beberapa menit setiap hari dan Anda pun dapat tampil lebih percaya diri dengan rambut yang sehat.



Sumber:  Okezone.com

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!