Worm Baru Menyebar lewat YM

09 April 2013 Leave a Comment
SAN FRANSISCO - Sebuah worm kembali mengancam melalui pengguna Yahoo Messenger. Kali ini sang worm mengelabuhi pengguna YM dengan mengirimkan file seolah-olah dari teman yang terdaftar.

Dilansir melalui ZDNet, Sabtu (8/5/2010), worm tersebut diprediksi telah beredar sejak awal pekan ini dengan mendompleng akun YM milik orang lain. Cara kerjanya, worm tersebut akan muncul dengan sendirinya dalam bentuk pesan, dengan menumpang YM teman yang ada di dalam daftar kontak. Dalam pesan tersebut, pengguna YM ditawarkan untuk meilhat file foto yang dikirim, lengkap dengan ikon smiley.

Selain ikon smiley, pesan tersebut juga menyertakan link yang akan mengantarkan anda pada sebuah situs yang terhubung dengan Facebook Page, MySpace Page atau halaman lain yang ada di jejaring sosial.

Jika pengguna komputer Mac meng-klik link tersebut maka file tersebut tidak akan berpengaruh. Meski mengesankan adanya aktivitas download namun tidak ada aktivitas lebih lanjut yang harus dilakukan. Namun jika anda pengguna komputer Windows maka worm tersebut akan langsung mendownload software berbahaya secara otomatis, seiring dengan jari anda meng-klik file yang dikirim. Secara serta merta, komputer tersebut akan langsung teinfeksi dan pesan berisi software berbahaya akan berganti menghampiri seluruh kontak yang ada di YM anda.

Yahoo sendiri dikabarkan telah mengetahui adaya worm jahat ini. Bahkan mereka mengatakan dalam blog resminya, jika saat ini Yahoo sedang mencari cara untuk menghentikan penyebaran virus itu.

"Kami telah mendengar adanya virus baru dari sebagian pengguna YM yang telah terkena infeksi.  Saat ini kami sedang mempelajari cara kerja worm tersebut dan mencari solusi untuk menghentikannya." tandas pihak Yahoo dalam blog-nya. (srn)



sumber : okezone.com

Postingan Menarik Lainnya :

0 komentar »

Leave your response!